https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj8KWjHv5u-awuhlA_pWpPpLnKj-a1t-0D8TleD9tTHZCrIo5nB9iQz9Ee8cZhKhGgvKwp0vRFjQ2hmGaA3bUVotlqcrv0xiw7HeQ_B4nnbWgNtwN9Hl8RrwDR7ip7tuWGTuWcygwZxCdGV/s1600/ignielcom.png106660612706164 https://developers.facebook.com/tools/debug/sharing

Mengenal dan Mencegah Gangguan Asam Lambung – Siboro Blog

Posted By siboroblog on Jumat, 16 Juni 2017 | Juni 16, 2017

Mengenal dan Mencegah Gangguan Asam Lambung -Siboro Blog - Sistem  pencernaan merupakan  salah satu organ vital yang berfungsi sebagai tempat masuk     ( intake ), pengolahan, penyerapan serta pengeluaran setiap makanan dan minuman yang kita konsumsi. Secara keseluruhan system pencernaan inilah yang menyediakan sumber energi bagitubuh kita dan selanjutnya dimanfaatkan untuk aktivitas sehari – hari, awal pembentukan kekebalan tubuh dan masih banyak lainnya.

Mengenal dan Mencegah Gangguan Asam Lambung – Siboro Blog

 Mengenal dan Mencegah Gangguan Asam Lambung – Siboro Blog

Tetapi system pencernaan ini juga sangat rentan terhadap berbagai penyakit. Salah satu organ yang cukup sering diterpa berbagai masalah adalah lambung.  Jenis gangguan yang paling sering terjadi ialah dyspepsia atau lebih kita kenal dengan maag. Salah satu penyakit yang paling sering dikeluhkan oleh pasien di banyak puskesmas, praktek dokter ataupun Rumah Sakit adalah gangguan lambung. Padahal jika kita melihat penyebabnya memang orang menganggap hal tersebut sepele, tapi sebenarnya cukup kompleks.

Maag atau dyspepsia pada umumnya banyak diderita oleh kaum produktif dan kebanyakan penyebabnya lebih pada gaya hidup yang tidak sehat.

Gejala penyakit ini bervariasi mulai dari nyeri ulu hati, mual, muntah, rasa penuh ulu hati, sebah, sendawa yang berlabihan bahkan bisa menyebabkan diare dengan segala komplikasinya.

Ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap timbulnya dyspepsia ini.
Penyebabnya  dyspepsia atau maag :

1.      Pengeluaran asam lambung berlebih
2.      Pertahanan dinding lambung yang lemah
3.    Infeksi helicobacter pylory ( sejenis bakteri yang hidup di dalam lambung, dalam jumlah kecil ) ketika asam lambung yang dihasilkan keluar lebih banyak kemudian pertahanan dinding lambung menjadi lemah, bakteri ini bisa bertambah banyak jumlahnya, apalagi disertai kebersihan makanan yang kurang.
4.      Gangguan gerakan saluran cerna
5.      Strees psikologis

Menurut dr. W. L. Ariyanto, yang setiap hari Senin mengisi talk show di AM 1278 Radio Antariksa, penyakit maag tidak mudah, tidak juga sulit penyembuhannya, tergantung pada kepatuhan pasien / penderita terhadap pantangan – pantangannya. Paling sering dijumpai pada pasien – pasien di Rumah Sakit adalah pertama, faktor telat makan atau pola makan yang tidak teratur.  Hal ini merangsang pengeluaran asam lambung yang berlebihan. Tapi  ada juga orang yang meskipun pola makannya tidak teratur, tidak terkena penyakit maag, tergantung pada factor genetiknya. Faktor kedua yang sering dijumpai adalah konsumsi obat – obatan seperti obat sakit kepala dll kemudian membuat lambungnya tidak kuat. Ketiga adalah strees dan terakhir adalah kebersihan yang kurang, pola makan yang tidak teratur disertai kebersihan makanan sehingga menyebabkan bakteri masuk dalam perut.

Dyspepsia  bisa menyebabkan komplikasi pada penyakit yang lain. Pada kasus yang akut lambung bukan saja terkena maag tapi sudah bolong – bolong, disertai batuk darah, muntah darah dan berakhir dengan kematian.
Mitos minyak kayu putih atau balsem yang dapat membantu ketika terserang maag tidak berpengaruh banyak pada penderita hanya memberikan rasa hangat. Terapi yang biasanya diberikan adalah mengompres bagian lambung dengan air hangat.

Peringatan dari dokter Ariyanto, jika Anda atau keluarga Anda memiliki riwayat sakit maag maka hati – hati karena penyakit ini sewaktu – waktu bisa timbul kalau tidak ada modifikasi gaya hidup.

Cara mengatasi penyakit ini sangat sederhana yakni minum obat teratur sesuai anjuran dan yang utama ialah modifikasi gaya hidup.

Obat yang diberikan akan memulihkan kondisi lambung tetapi tanpa modifikasi gaya hidup, obat tersebut menjadi tidak bermanfaat. Dan yang lebih penting lagi, modifikasi gaya hidup sangat berperan dalam mencegah terjadinya dyspepsia bahkan memperbaiki kondisi lambung secara tidak langsung.

Berikut ini adalah modifikasi gaya hidup yang dianjurkan untuk mengelola dan mencegah timbulnya gangguan pada lambung :

1.      Atur pola makan seteratur mungkin
2.      Olahraga teratur
3.      Hindari makanan berlemak tinggi yang menghambat pengosongan isi lambung
4.      ( coklat, keju, dll )
5.      Hindari makanan yang menimbulkan gas di lambung ( kol, kubis, kentang, melon, semangka, dll )
6.      Hindari makanan yang terlalu pedas
7.      Hindari minuman dengankadar caffeine, alkohol, dan kurangi rokok
8.      Hindari obat yang mengiritasi dinding lambung
9.      Kelola strees psikologi se-efisien mungkin

Top of FormPenyakit maag disebabkan karena mengkonsumsi makanan yang bersifat asam, macam makanan pedas (cabai), makanan masam atau kecut (buah-buahan mentah atau masih muda, cuka, acar dsb). Bisa juga dipicu karena makan yang tidak teratur, telat makan, sehingga asam lambung sudah numpuk tapi gak ada yang dicerna.

Faktor lainnya yang mendukung menumpuknya asam lambung ada beberapa, seperti minuman beralkohol, stress, dan bisa juga karena bakteri kuman.

Karena ini asam, ciri khasnya ya terasa pedih di lambung. Karena letak lambung itu di tengah agak ke kiri atas (daerah ulu hati), maka biasanya perihnya ya disitu. Walapun nyeri itu bisa merembet kemana-mana. Jadi bisa juga nyeri di area perut yang lain.

Karena asam lambung ini juga, biasanya mulut penderita merasakan pahit dan asem. Jika asam lambungnya berlebih, bisa terasa saat buang air besar terasa pedes di dubur. Baca Juga : ( Masturbasi Saat Haid Ternyata Bermanfaat Buat Kesehatan - Siboro Blog ).

Biasannya jika tidak terlampau parah cukup dikurangi keasaman lambung nya dengan Antasid, atau jenis obat-obatan penurun gejala asam lambung yang banyak beredar di pasaran.  Antasid ini bersifat Basa, jadi bisa mengurangi asam lambung tetapi pemakaiannya juga harus diperhatikan karena tubuh kita punya mekanisme keseimbangan. Jika lambung terlampau sering diberi Antasid dan tubuh kekurangan asam maka lambung akan meningkatkan produksi asam lambung dan lama kelamaan Antasid tidak mempan lagi.

Demikian artikel, Mengenal dan Mencegah Gangguan Asam Lambung -Siboro Blog, Apabila menurut Anda artikel ini bermanfaat bagi orang lain, Mohon untuk di Share. Terima Kasih



Blog, Updated at: Juni 16, 2017

0 komentar:

Posting Komentar

Label

Bercam (35) Bisnis (9) Budaya (11) Firtu (73) Kesehatan (81) Musik (60) properti (55) telco (10) Tips (36)
Diberdayakan oleh Blogger.
/* script Youtube Responsive */