Cara Cerdas Mengisi Bensin Di SPBU - Siboro Blog - Di era sekarang ini semua barangbarang serba mahal. Termasuk bahan bakar, Bahan bakar semakin mahal, maka
jadilah konsumen yang cerdas agar tidak semakin dirugikan.
Cara Cerdas Mengisi Bensin Di SPBU - Siboro Blog
TIPS MEMILIH
SPBU
Lebih baik mengisi bensin di SPBU milik Pertamina yang berkode
angka 31 di awal, atau (digit kedua angka 1).
Tiap SPBU memiliki kode depan masingmasing. Bagaimana cara mengetahuinya?
Coba Anda perhatikan plang nama besar saat menuju ke SPBU. Di wilayah
Jakarta dan sekitarnya tertera huruf 31.XXXXX atau 34.XXXXX.
Huruf awal pertama menandakan kode
wilayah dan angka kedua mengandung arti kepemilikan.
Angka 3 di awal berarti SPBU berada di wilayah Jakarta, Jawa
Barat, Banten dan sekitarnya. Kalau angka di awal 5 untuk SPBU yang berada di
wilayah Surabaya.
Digit kedua, jika angka 1
berarti kepemilikan Pertamina sendiri. Sedangkan angka 4 berarti kepemilikan swasta. Jadi yang penting angka
keduanya adalah 1 (satu), tidak masalah berapapun angka pertamanya karena itu
hanya kode wilayah.
Karena, sebenarnya ada tiga kategori SPBU.
1. COCO alias Corporate
Owner Corporate Operate,
2. CODO yakni Corporate Owner Dealer Operate.
3. DODO, Dealer Owner Dealer Operate.
Karena dikendalikan oleh pertamina, maka kualitas SPBU model COCO
dan CODO diyakini lebih baik dibanding DODO. Tanpa bermaksud menyamaratakan, di
sisi bisnis bisa dimengerti, karena ingin cepat balik modal, pengusaha jadi
berlaku curang. Maka lebih disarankan untuk mengisi bensin di SPBU milik
Pertamina (angka keduanya harus 1) karena quality controlnya cukup
bagus, Baik keakuratan
takaran maupun kualitas BBM akan lebih terjamin.
Jika ingin mencoba membuktikan, isilah kendaraan anda dengan BBM
di dua SPBU yang berbeda kode (huruf kedua 1 dan 4) di hari yang berbeda. Jika
mengisi bensin di pertamina dengan tanda kode 31 (Angka Kedua 1) akan
terasa tarikan mobilnya lebih kencang dan tidak terlalu kotor dibanding dengan
BBM dari SPBU dengan tanda kode lainnya.
Bandingkan dari sisi kualitas (mesin lebih enak) maupun
kuantitasnya (yang mana yang lebih cepat habis). Baca Juga : ( Benarkah Orang Batak Dulunya Kanibal ? - Siboro Blog ).
Memang tidak semua SPBU pertamina yang dimiliki swasta berlaku
curang, namun dari banyak kasus membuktikan adanya perbedaan baik secara
kuantitas maupun kualitas. Pengurangan takaran dan mengoplos BBM mungkin saja
dilakukan demi mengejar keuntungan yang berlipat.
TIPS LAINNYA
1. Saat
mengisi bensin minta kepada petugasnya agar tuas handle selang jangan ditekan
tapi dilepas saja ketika mengisi tanki kendaraan. Pernahkah anda sewaktu mengisi bensin, tuas handle
ditekantekan oleh petugasnya? kenapa begitu? karena banyak oknum yang nakal
dengan cara memainkan takaran bensin dengan teknik seperti itu sehingga jumlah
bensin yang kita isi lebih sedikit dari apa yang seharusnya. Jika anda melihat
aksi tersebut saat mengisi bensin, tegurlah petugasnya.
2. Isilah
bensin ketika hari masih pagi dan temperatur tanah masih dingin Ingat bahwa
semua SPBU
mempunyai tanki penyimpanan di bawah tanah. Semakin dingin tanahnya maka semakin
padat/kental bahan bakarnya. Jika temperatur mulai panas/hangat, maka bahan
bakarnya akan memuai.
Jadi jika membeli bahan bakar pada siang hari
atau petang hari. Sebenarnya
bahan bakar yang diisikan ke dalam tanki kendaraan anda jelas lebih sedikit
dibanding jumlah liter yang anda beli.
Dalam bisnis perminyakan, gravity yang
spesifik dan temperatur bensin, diesel dan bahan bakar pesawat jet, ethanol dan
produk minyak lainnya punya peranan penting. Kenaikan 1 derajat merupakan hal
yang sangat berpengaruh dalam bisnis ini. Tetapi SPBU tidak memberikan
anda rugi/kompensasi karena temperatur.
3. Isi
bensin saat tanki kendaraan anda masih setengah penuh. Alasannya
adalah semakin banyak bahan bakar yang ada di tanki kendaraan, maka semakin
sedikit udara yang ada di
bagian tanki yang kosong. Bensin menguap lebih cepat dari pada yang bisa kita bayangkan. Dalam bisnis perminyakan
biasanya tanki penyimpanan bensin mempunyai apa yang kita sebut atap yang mengapung
(floating roof) yang berfungsi sebagai clearance zero antara bensin dan
atmosfer sehingga penguapannya bisa dikurangi, tetapi hal itu tidak terdapat di SPBU.
4. Jangan
isi bensin ketika ada truk tanki sedang mengisi tanki penyimpanan. Hampir pasti
bensin atau solar akan teraduk saat bahan bakar dipompakan dari truck ke tanki
penyimpanan SPBU, dan kemungkinannya akan ada kotoran di dasar tanki
penyimpanan yang teraduk naik dan terikut masuk ke tanki kendaraan anda.
UNTUK
DIPERHATIKAN
Sering
kita dengar waktu mengisi BBM petugas POM dengan manisnya bilang "dari nol
ya mas/mbak".
Oke,
tapi coba perhatikan baik-baik. Argonya bisa cepet banget lho, Bahkan saking cepatnya bukannya malah
kaya argo berjalan tapi kaya argo kedip-kedip doang pergaris-garis angkanya, Kalau itu terjadi, bilang
saja sama petugasnya "Mas/Mbak, Speed 1 aja dan tolong
gagangnya dilepas". Bisa dipastikan jalannya argo akan normal. Teorinya seperti ini :
1. Argo cepat itu tidak bagus, karena yang keluar angin, selisih bisa
2-5 liter. Bayangkan kita rugi berapa. Kalau isi bensin motor mungkin tidak
begitu terasa, tapi kalau mobil yang sudah ratusan ribu keatas lebih
dikhawatirkan lagi mereka "bermain" disitu.
2. Sekali lagi gagang/tuas dipegang itu juga tidak bagus, karena dia
bisa ngatur speed semprotan bensinnya. Speed terdiri dari 3 gigi. Makin tinggi
makin cepat. Maka dari itu mintalah pada petugas supaya speed 1 dan gagang/tuas nya dilepas. Kalo ada petugas yang marah dengan
saran kita. Segera laporkan pada
PERTAMINA atau tinggalkan jangan isi bensin disana lagi.
Demikian artikel, Cara Cerdas Mengisi Bensin Di SPBU - Siboro Blog, Apabila menurut
Anda artikel ini bermanfaat bagi orang lain, Mohon untuk di Share. Terima
Kasih.
0 komentar:
Posting Komentar