https://4.bp.blogspot.com/-ie52Oh_wT-s/WHHi75UACjI/AAAAAAAAEYE/PnOATooq-Y4v_HVhR_AakM0G2d699uWIwCLcB/s1600/ignielcom.png106660612706164 https://developers.facebook.com/tools/debug/sharing

Cara Membuat Salah Satu Makanan Khas Simalungun “NITAK” – Siboro Blog

Posted By siboroblog on Sabtu, 10 Juni 2017 | Juni 10, 2017

Cara Membuat Salah Satu Makanan Khas Simalungun “NITAK” – Siboro Blog - Nitak merupakan salah satu makanan khas Simalungun. Makanan khas ini memiliki filosifi yang luar biasa. Makanan berbahan gula, garam, kelapa dan tepung ini sering dihidangkan dalam acara-acara sukacita.

Cara Membuat Salah Satu Makanan Khas Simalungun “NITAK” – Siboro Blog

Cara Membuat Salah Satu Makanan Khas Simalungun “NITAK” – Siboro Blog

Demikian disampaikan Ketua Bidang Seni dan Kebudayaan DPC Himpunan Mahasiswa dan Pemuda Simalungun (HIMAPSI) Siantar Dwi Hartati Damanik SPd, saat menggelar kegiatan pemasaran hasil kreativitas kader-kader Himapsi.

Pada kegiatan yang berlangsung di Komplek STM GKPS Jalan Pamatang Raya Pematang Siantar itu, Dwi Hartati mengatakan bahwa nitak jangan sampai terlupakan, karena ini adalah bagian penting dalam perjalanan budaya Simalungun.

Biasanya, kepada pengantin baru, keesokan hari seusai acara adat pernikahan, pengantin perempuan diharuskan membuat nitak untuk disajikan kepada keluarga pengantin laki laki. Hal itu sebagai tanda  bahwa si perempuan sudah bagian dari keluarga si laki laki,” jelas Alumni Universitas Simalungun itu.

Dikatakan, nitak di Simalungun diberi Nitak Batara Siang. Dan, Nitak Batara Siang disimbolkan sebagai harapan datangnya hal-hal yang baik di masa yang akan datang.
Namun, saat ini banyak orang kurang berminat menikmati nitak, dengan alasan karena bahannya semua mentah. Dan, tanpa disadari, itu membuat makanan khas ini semakin menghilang dan saat ini sulit untuk ditemukan.

“Namun, yakinlah. Setelah makanan khas ini siap saji, dipastikan rasanya lezat dan sangat nikmat. Inilah salah satu motivasi kami untuk tetap setia melestarikan makanan khas ini,” ujar Dwi Hartati.
Dijelaskan, adapun bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat nitak, antara lain tepung beras, gula merah, kelapa gongseng, kelapa mentah, lada dan garam. Selanjutnya, pembuatan nitak diawali dengan memilih beras terbaik yang kemudian digiling hingga menjadi tepung.

Kemudian, gula merah diiris halus, Lada dan garam juga dihaluskan secukupnya, kelapa digongseng secukupnya dan disiapkan kelapa mentah secukupnya. Selanjutnya, gula, garam dan kelapa ditumbuk bersamaan sampai halus. Kemudian, bumbu yang sudah halus dicampurkan ke tepung dan diaduk hingga merata. Baca Juga : (Sekilas Cerita Sejarah Datu Parulas Parultop(DPP) - Siboro Blog).

Demikian artikel, Cara Membuat Salah Satu Makanan Khas Simalungun “NITAK” – Siboro Blog, Apabila menurut Anda artikel ini bermanfaat bagi orang lain, Mohon untuk di Share. Terima Kasih.
Blog, Updated at: Juni 10, 2017

0 komentar:

Posting Komentar

Label

Bercam (35) Bisnis (9) Budaya (11) Firtu (73) Kesehatan (81) Musik (60) properti (55) telco (10) Tips (36)
Diberdayakan oleh Blogger.
/* script Youtube Responsive */