Boeing CH-47F: Pilihan Indonesia, Inilah Varian Tercanggih Keluarga Chinook - Siboro Blog - Beli empat, delapan atau sepuluh unit
kini tengah menjadi pertimbangan Pemerintah Indonesia untuk mengakuisisi
helikopter angkut berat CH-47 Chinook. Dan seperti diutarakan petinggi Boeing,
Yeong-Tae Pak, Boeing Regional Director for Southeast Asia, disebut bahwa yang
diinginkan Indonesia adalah varian CH-47F, yang tak lain varian terbaru dan
termutakhir dari keluarga Chinook.
Meski masih menanti deal kontrak pengadaan, menelisik
helikopter angkut berat ini menjadi menarik, pasalnya saat Kavaleri Udara TNI
AD mengoperasikan AH-64E Apache Guardian dan helikopter angkut sedang Black
Hawk, maka gelar mobil udara TNI AD dan Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC)
bakal menjadi klop dengan adanya sosok CH-47F Chinook. Bakal punya varian
Chinook lebih baru dari milik Singapura, apa saja keunggulan dari CH-47F?
CH-47 Chinook mampu mendarat di air, bahkan disebut mampu
mendarat di air dengan kondisi sea state 3.
Boeing CH-47F: Pilihan Indonesia, Inilah Varian Tercanggih Keluarga Chinook - Siboro Blog
Dengan kemampuan mendarat di air, pintu rampa dapat mendukung
aktivitas pasukan amfibi.
CH-47F dikembangkan berdasarkan dari varian CH-47D, di CH-47F
pihak Boeing mengadopsi tipe mesin baru, peningkatan kekuatan airframe, dan
sistem avionic baru. Bila Chinook perdana CH-47A meluncur pada tahun 1962, maka
CH-47F baru terbang perdana pada tahun 2001, dan produksi secara komersiakl
baru dilakukan pada tahun 2006. Karena populasi CH-47D yang besar, Boeing
menawarkan CH-47F yang berasal dari standar CH-47D (remanufaktur). Hingga tahun
2014, setidaknya sudah 300 unit CH-47F yang dikirimkan kepada AD Amerika
Serikat dan US National Guard. Selain untuk konsumsi dalam negeri, kini CH-47F
sudah dioperasikan oleh Kanada (15 unit), Belanda (6 unit), Inggris (24 unit)
dan Australia yang telah mengorder 7 unit CH-47F untuk angkatan daratnya. Baca Juga : ( AU Rusia Uji 50 Pesawat Tempur SU-35 - Siboro Blog ).
Kenyang dalam sejumlah operasi di Afghanistan dan Irak, misi
yang telah diemban CH-47F mencakup transports troops, war supplies, battlefield
equipment, medical evacuation, search and rescue, aircraft recovery, dan
parachute drop. Helikoper dengan glass cockpit ini dapat menampung 33 sampai 55
penumpang, bergantung pada konfigurasi kargo dan misi. Seperti dalam misi medical
evacuation (medevac), ruang kargo dapat disulap untuk membawa 24 tandu plus
perlengkapan medis. Secara teori, ruang kargo dapat dimuati payload hingga 10,9
ton, ini dapat diartikan Chinook dapat membawa ranpur sekelas Hummer atau
Komodo 4×4.
Khusus untuk angkut beban eksternal, Chinook dilengkapi tiga
titik pengait (hook) di bagian bawah tubuhnya yang bisa dipergunakan selaligus.
Tiga titik pengait tersebut dipasang segaris di titik simetris tubuh heli.
Kapasitas terbesar sudah barang tentu ada pada hook utama yang ada di bagian
tengah, yang punya kemampuan angkat beban 12 ton. Sementara hook di depan dan
belakangnya masing-masing punya kemampuan angkat 7,5 ton. Untuk hook depan dan
belakang bisa difungsikan untuk mengaitkan beban tambahan, atau untuk
menstabilkan beban yang sudah dikaitkan di hook tengah, semisal saat Chinook
mengangkat sebuah ranpur. CH-47F Chinook sudah menggunakan kokpit digital.
Mesin Honeywell
T55-GA-714A turboshaft
Dapur pacu CH-47F Chinook disokong dua mesin Honeywell
T55-GA-714A turboshaft, yang tiap mesin dapat menghasilkan tenaga 4733 shp.
Dengan performa ini menjadikan CH-47F menjadi helikopter yang lebih cepat
dibanding helikopter serbu dan helikopter angkut pada umumnya, dimana kecepatan
maksimum CH-47F bisa sampai 300 km per jam.
Jumlah awak CH-47F masih sama dengan varian terdahulu, yakni
tiga orang terdiri dari pilot, copilot dan flight engineer. Sebagai elemen
kavaleri udara, CH-47F umumnya dilengkapi dua door gun/minigun kaliber 7,62 mm
pada sisi kiri dan kanan. Bahkan di ujung pintu rampa juga ditempatkan gunner
dengan senjata serupa dengan kaliber 7,62 mm.
Senjata pada ramp door.
Khusus pesanan Inggris diberi label CH-47 Chinook Mk6 yang
diterima tahun 2013, sementara varian Kanada diberi kode CH-147F, Chinook
Kanada sudah mendapat modifikasi khusus menyangkut local suite, long range fuel
tanks, dan perangkat FLIR (Forward Looking Infrared).
Mau tahu harga CH-47F Chinook yang kondang disebut Improved
Cargo Helicopter? Untuk yang gress alias asli baru dibandrol US$32 juta.
Sementara CH-47F yang berasal dari remanufaktur varian CH-47D/SD dibandrol
US$26,5 juta. Bila opsi yang diambil mengaitkan permintaan ToT (Transfer of
Technogy) maka CH-47F yang keluaran asli baru yang akan didatangkan.
Demikian artikel, Boeing CH-47F: Pilihan Indonesia, Inilah Varian Tercanggih Keluarga Chinook - SiboroBlog, Apabila menurut Anda, artikel ini bermanfaat bagi orang lain, Mohon
untuk di Share. Terima Kasih.
0 komentar:
Posting Komentar